Rabu, 06 April 2016

AUDIT dan CYBERLAW

PENGERTIAN AUDIT
Audit merupakan suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara tertulis ataupun lisan dengan menggunakan pembuktian yang secara objektif mengenai kumpulan pertanyaan-pertanyaan, apakah sudah sesuai dengan kriteria aktivitas dilapangan yang telah ditetapkan serta penyampaian hasil-hasilnya kepada yang memiliki kepentingan pada tujuan tertentu. Contoh dari audit adalah audit laporan keuangan pada suatu perusahaan.
Teknik Audit Berbantuan Komputer atau Computer Assisted Audit Technique dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
     1.      Audit Through The Computer
     2.      Audit Around The Computer
     3.      Audit With The Computer

Kamis, 10 Maret 2016

Etika, Profesi dan Profesionalisme


A.          Pengertian Etika

Pengertian Etika (Etimologi), berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos”, yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan (custom). Sebagai suatu subyek, etika akan berkaitan dengan konsep yang dimiliki oleh individu ataupun kelompok untuk menilai apakah tindakan-tindakan yang telah dikerjakannya itu salah atau benar, buruk atau baik. Menurut Martin [1993], Etika didefinisikan sebagai “the discipline which can act as the performance index or reference for our control system”. Yang artinya Etika adalah refleksi dari apa yang disebut dengan “self control”, karena segala sesuatunya dibuat dan diterapkan dari dan untuk kepentingan kelompok sosial(profesi) itu sendiri.

Kamis, 14 Januari 2016

Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Telematika

Kolaborasi Antar muka Otomotif Multimedia adalah sebuah kelompok yang dibuat oleh pembuat (maker) untuk menciptakan standar umum yang digunakan untuk mengatur bagaimana cara kerja perangkat elektronik, seperti komputer dan hiburan unit, berkomunikasi dengan kendaraan. Dan memiliki anggota: Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault.

Sedangkan pengertian AMI-C adalah organisasi global yang mewakili mayoritas dunia produksi kendaraan. AMI-C mengembangkan dan standarisasi yang umum multimedia dan telematika otomotif antarmuka untuk kendaraan jaringan komunikasi.

Senin, 28 Desember 2015

MIDDLEWARE TELEMATIKA


Dalam dunia teknologi informasi, terminologi middleware adalah istilah umum dalam pemrograman komputer yang digunakan untuk menyatukan, sebagai penghubung, ataupun untuk meningkatkan fungsi dari dua buah progaram/aplikasi yang telah ada. Middleware Didefinisikan sebagai sebuah aplikasi yang secara logic berada diantara lapisan aplikasi (application layer) dan lapisan data dari sebuah arsitektur layer-layer TCP/IP [1]. Middleware bisa juga disebut protokol. Protokol komunikasi middleware mendukung layanan komunikasi aras tinggi.

Adapun fungsi dari middleware adalah:
·         Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi sederhana yang menyembunyikan penggunaan secara detail pelayanan yang ada pada sistem operasi .
·         Menyediakan lingkungan pemrograman aplikasi yang umum yang mencakup berbagai komputer dan sistim operasi.
·         Mengisi kekurangan yang terdapat antara sistem operasi dengan aplikasi, seperti dalam: networking, security, database, user interface, dan system administration. 

Sabtu, 07 November 2015

JARINGAN WIRELESS & TERMINAL PADA TELEMATIKA



JARINGAN WIRELESS

A.           Pengertian Jaringan Wireless
Jaringan Wireless (Inggris: wireless network) adalah bidang disiplin yang berkaitan dengan komunikasi antar sistem komputer tanpa menggunakan kabel. Jaringan nirkabel ini sering dipakai untuk jaringan komputer baik pada jarak yang dekat (beberapa meter, memakai alat/pemancar bluetooth) maupun pada jarak jauh (lewat satelit). Bidang ini erat hubungannya dengan bidang telekomunikasi, teknologi informasi, dan teknik komputer. Jenis jaringan yang populer dalam kategori jaringan nirkabel ini meliputi: Jaringan kawasan local nirkabel (wireless LAN/WLAN), dan Wi-Fi.

B.            Sejarah Jaringan Wireless
Pada tahun 1970 Norman Abramson, seorang profesor di University of Hawaii, mengembangkan komputer pertama di dunia jaringan komunikasi, ALOHAnet, menggunakan biaya rendah seperti ham-radio. Dengan bi-directional topologi bintang, sistem komputer yang terhubung tujuh ditempatkan lebih dari empat pulau untuk berkomunikasi dengan komputer pusat di Pulau Oahu tanpa menggunakan saluran telepon.

Senin, 12 Oktober 2015

Layanan Telematika (Telematics Services)


Definisi Layanan Telematika
Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis  jaringan yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh Telematika.

Layanan – layanan yang terdapat pada telematika adalah :

1.      Layanan Informasi
Layanan yang pertama adalah layanan informasi. Layanan ini memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang keputusan, memberikan wawasan sehingga dapat menggunakan informasi untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi. Contoh dari layanan telematika di bidang informasi :
• Laporan Cuaca (Weather) layanan yang memberikan laporan tentang informasi cuaca.
• Bursa Efek Jakarta (Jakarta Stock Exchange) layanan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang perkembangan bursa kepada publik.

2.      Layanan Keamanan
Layanan yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan yang memberikan fasilitas keamanan untuk menjaga suatu data dan informasi pada jaringan sehingga berjalan pada tempatnya.
Contoh dari layanan telematika di bidang keamanan :
• Antivirus memberikan keamanan untuk menangkal dari serangan virus.
• Internet Security mengamankan komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet. 

3.      Layanan telematika di bidang context aware dan event-based
Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan. Contohnya : Google Inbox

4.      Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.

Minggu, 23 Agustus 2015

Fake Friends and Real Friends

Selamat malam, gabut nih gak ada kerjaan jadinya iseng deh nge-blog hehe ..
Yups blog gue kali ini nge bahas tentang fake or real. Udah pada tau lah yaa artinya (anak zaman sekarang English-nya udah pada jago)

Fake atau palsu, yaitu sebuah kata yang ditunjukan untuk suatu hal yang tidak sah, suatu hal yang curang / tidak jujur atau bahkan suatu kepura-puran. Sedangkan untuk real atau nyata merupakan kebalikan dari fake. Ternyata.. eh ternyata.. fake or real itu bukan buat benda aja loh, buat orang-orang disekitar kita juga bisa (teman contohnya).

Emang ada fake friends or real friends? Yaa adalah.. cekidoott

Teman bermuka dua atau biasa dibilang manis di depan pahit dibelakang itu yang di sebut dengan fake friend. Katanya temen katanya perduli, katanya solidaritasnya tinggi preet ah kalau dibelakang nya juga unjung-ujungnya ngomongin kita haha. Biasanya nih yaa fake friend itu sok-sok an ngabarin kalau lagi butuhnya doang, terus selepas dari itu boro-boro dah dan juga kalau fake friend itu diem-diem nusuk dari belakang. Terkesan palsu banget pertemanannya.

And soo… real friend mereka bisa dibilang merupakan seorang sahabat, karena mereka ada disaat kita senang mau pun sedih, gak bermuka dua..tiga atau empat, terima kekurangan kita, tegur kita secara langsung tanpa harus ngomongin kita, rasa sayangnya, perhatiannya no tipu-tipu tulus dari hati, dan juga pertemanannya kaga numpang lewat aja.

Tapi terkadang juga ada fake friend berkedok real friend haha (ini yang ngeri kalo kalian menemukan orang yang kaya gini hati-hati, terus kalo bisa langsung kalian ajak aja ke jurang terus kalian yang terjun *loh haha)

Gak jarang banget kita menemukan teman-teman yang real or fake pasti banyak lah, itu juga tergantung kalian menanggapinya seperti apa positive thingking atau negative thingking.

Dan juga gak mungkin untuk dipungkiri kalau kita pribadi, menilai diri kita ini “gak fake” tapi “real”. Nah belum tentu menurut orang lain atau teman kita, menilai diri kita ini seperti apa, yaa gak ? jadi itu semua tergantung diri kita sendiri kalau mau diri kita dinilai fake, yaa hidupnya penuh drama aja kaya sinetron-sinetron sekarang haha, nah sebaliknya kalau kita mau dinilai real, jadi apa adanya diri kita yang sesungguhnya suka gak suka wajar. Karena pasti gak semua orang suka dengan pribadi kita pasti adalah lah bebrapa orang yang sirik atau iri .

Tadaa.. selesai sudah nulis-nulisnya kalau kaga nyambung, bikin kalian bingung, gak jelas, terus kata-kata sama tanda bacanya salah harap dimaklumi. saya bukan penulis apa lagi guru bahasa Indonesia. Saya Cuma mahasiswi yang iseng aja pengen nulis-nulis di blog soalnya buku diary saya kertasnya abiss hahah .. Salam damai!!


“My real friends never hear it from me, Fake friends write the wrong answers on the mirror for me”   -Right Above it, Drake-