Senin, 12 Oktober 2015

Layanan Telematika (Telematics Services)


Definisi Layanan Telematika
Layanan Telematika merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis  jaringan yang didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh Telematika.

Layanan – layanan yang terdapat pada telematika adalah :

1.      Layanan Informasi
Layanan yang pertama adalah layanan informasi. Layanan ini memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang keputusan, memberikan wawasan sehingga dapat menggunakan informasi untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi. Contoh dari layanan telematika di bidang informasi :
• Laporan Cuaca (Weather) layanan yang memberikan laporan tentang informasi cuaca.
• Bursa Efek Jakarta (Jakarta Stock Exchange) layanan memberikan informasi yang lebih lengkap tentang perkembangan bursa kepada publik.

2.      Layanan Keamanan
Layanan yang kedua adalah layanan keamanan. Layanan yang memberikan fasilitas keamanan untuk menjaga suatu data dan informasi pada jaringan sehingga berjalan pada tempatnya.
Contoh dari layanan telematika di bidang keamanan :
• Antivirus memberikan keamanan untuk menangkal dari serangan virus.
• Internet Security mengamankan komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet. 

3.      Layanan telematika di bidang context aware dan event-based
Context-awareness adalah kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan akan menolak seluruh panggilan. Contohnya : Google Inbox

4.      Layanan Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umumnya.

Kelebihan dan Kekurangan Layanan Telematika

Adapun kelebihan dari layanan telematika diatas, adalah sebagai berikut :

1.   Dengan adanya Layanan Telematika di Bidang Informasi, bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat khususnya  kalangan menengah kebawah sehingga dapat merasakan pemerataan teknologi dan informasi.
2.      Dengan adanya Layanan Telematika di bidang Keamanan, Masyarakat pada umumnya dapat merasa lebih aman karena jika terjadi sesuatu yang diinginkan, mereka dapat langsung menghubungi pihak berwajib dengan teknologi yang ada.
3.      Pada Layanan Context Aware dan Event-Based, Dengan ini si pengguna dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak / otomatis system yang telah mengatur agar si pengguna tidak diganggu dalam waktu yang diinginkan si pengguna.Pada Layanan Perbaikan Sumber,  contohnya pada yellow pages service, setiap orang dapat bantuan yang lebih dalam mencari alamat / nomor telepon suatu instansi.


Adapun kekurangan dari layanan telematika diatas, adalah sebagai berikut :

1.  Pada Layanan Telematika di Bidang Informasi, Jika perhatian kepada mereka yang kurangnya informasi dari kebebasan akses yang mereka lakukan, akan berdampak buruk yang disebabkan pihak yang tidak bertanggung jawab.
2.      Pada Layanan Telematika di bidang Keamanan, Keamanan ini juga berdampak buruk jika ada oknum / Hacker yang berniat jahat untuk membobol suatu sistem keamanan.
3.   Pada Layanan Context Aware dan Event-Based, Si pengguna akan terlambat mengetahui  jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin diganggu, contohnya, ia tidak tahu kalau anaknya masuk rumah sakit ketika ia sedang rapat.
4.   Pada Layanan Perbaikan Sumber, Tidak mudah mencari / tidak cepat karena yellow pages masih dalam bentuk buku. Jadi orang yang ingin mencari informasi di dalamnya harus mencari secara manual dengan membaca indeksnya terlebih dahulu.

Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar