Definisi Layanan Telematika
Layanan Telematika
merupakan layanan dial up ke internet maupun ke semua jenis jaringan yang
didasarkan pada system telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri
merupakan salah satu contoh Telematika.
Layanan – layanan yang
terdapat pada telematika adalah :
1. Layanan
Informasi
Layanan yang pertama
adalah layanan informasi. Layanan ini memberikan kemudahan untuk mengakses
berbagai informasi yang dibutuhkan sebagai penunjang keputusan, memberikan wawasan
sehingga dapat menggunakan informasi untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi.
Contoh dari layanan telematika di bidang informasi :
• Laporan Cuaca
(Weather) layanan yang memberikan laporan tentang informasi cuaca.
• Bursa Efek Jakarta
(Jakarta Stock Exchange) layanan memberikan informasi yang lebih lengkap
tentang perkembangan bursa kepada publik.
2. Layanan
Keamanan
Layanan yang kedua
adalah layanan keamanan. Layanan yang memberikan fasilitas keamanan untuk
menjaga suatu data dan informasi pada jaringan sehingga berjalan pada
tempatnya.
Contoh dari layanan
telematika di bidang keamanan :
• Antivirus memberikan
keamanan untuk menangkal dari serangan virus.
• Internet Security
mengamankan komputer dari ancaman akses koneksi lewat internet.
3. Layanan
telematika di bidang context aware dan event-based
Context-awareness adalah
kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu kumpulan
parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan network itu, serta
memberikan layanan yang sesuai dengan parameter-parameter itu.
Beberapa konteks yang
dapat digunakan antara lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi
user, jenis dan kemampuan terminal yang digunakan user. Sebagai contoh, ketika
seorang user sedang mengadakan rapat, maka context-aware mobile phone yang
dimiliki user akan langsung menyimpulkan bahwa user sedang mengadakan rapat dan
akan menolak seluruh panggilan. Contohnya : Google Inbox
4. Layanan
Perbaikan Sumber
Layanan perbaikan sumber
yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam sumber daya manusia (SDM). SDM
telematika adalah orang yang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan
telekomunikasi, media, dan informatika sebagai pengelola, pengembang, pendidik,
dan pengguna di lingkungan pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan
masyarakat pada umumnya.
Kelebihan dan Kekurangan
Layanan Telematika
Adapun kelebihan dari
layanan telematika diatas, adalah sebagai berikut :
1. Dengan adanya Layanan Telematika di Bidang Informasi, bisa
meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk
masyarakat khususnya kalangan menengah kebawah sehingga dapat merasakan
pemerataan teknologi dan informasi.
2.
Dengan adanya Layanan Telematika di bidang Keamanan, Masyarakat
pada umumnya dapat merasa lebih aman karena jika terjadi sesuatu yang diinginkan,
mereka dapat langsung menghubungi pihak berwajib dengan teknologi yang ada.
3.
Pada Layanan Context Aware dan Event-Based, Dengan ini si pengguna
dapat hak privasi yang lebih tanpa harus melakukan banyak / otomatis system
yang telah mengatur agar si pengguna tidak diganggu dalam waktu yang diinginkan
si pengguna.Pada Layanan Perbaikan Sumber, contohnya pada yellow pages
service, setiap orang dapat bantuan yang lebih dalam mencari alamat / nomor
telepon suatu instansi.
Adapun kekurangan dari
layanan telematika diatas, adalah sebagai berikut :
1. Pada Layanan Telematika di Bidang Informasi, Jika perhatian kepada
mereka yang kurangnya informasi dari kebebasan akses yang mereka lakukan, akan
berdampak buruk yang disebabkan pihak yang tidak bertanggung jawab.
2. Pada Layanan Telematika di bidang Keamanan, Keamanan ini juga berdampak
buruk jika ada oknum / Hacker yang berniat jahat untuk membobol suatu sistem
keamanan.
3. Pada Layanan Context Aware dan Event-Based, Si pengguna akan
terlambat mengetahui jika ada panggilan penting saat ia tidak ingin
diganggu, contohnya, ia tidak tahu kalau anaknya masuk rumah sakit ketika ia
sedang rapat.
4. Pada Layanan Perbaikan Sumber, Tidak mudah mencari / tidak cepat
karena yellow pages masih dalam bentuk buku. Jadi orang yang ingin mencari
informasi di dalamnya harus mencari secara manual dengan membaca indeksnya
terlebih dahulu.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar