Senin, 21 April 2014

Tugas TOU 2 Minggu 2

Keputusan Terberat dalam Hidup 

Assalamualaikum wr. wb
Seperti biasa dapat tugas mingguan lagi dari dosen Softskill . Tapi kali ini tugasnya itu, menceritakan mengenai “ Keputusan terberat dalam Hidup “.



Tahun 2012 yang lalu tepatnya saat selesai UN berakhir, saya dihadapkan oleh pilihan yang lumayan berat pada saat itu. Pilihan ini mengenai kelanjutaan pendidikan saya, akan melanjutkan ke PTN mana kah saya saat selesai dari SMA ?

Saya mulai memikirkan PTN mana yang akan saya masuki dan jurusan apa yang sesuai dengan passion saya. Masukkan banyak saya terima dari sahabat,teman, guru pembimbing, keluarga dan Orang tua saya. Saran dan pendapat mereka berbeda-beda satu sama lain  sehingga pikiran saya bercabang dan bertambah binggung. Sebenarnya saya ingin sekali melanjutkan pendidikan saya kedunia pertanian, belajar mengenal flora (tumbuhan), mengenal alam, penelitian– penelitian di laboratorium. 

Pada waktu itu,sekolah SMA saya mendapatkan undangan pemberitahuan jalur PMDK (Jalur undangan) di Universitas Islam Negeri. Saya mencoba mengikuti jalur PMDK tersebut dan Karena di UIN tidak adak jurusan pertanian oleh karena itu saya memilih jurusan Management ( itu pun hanya coba-coba ). Selang beberapa minggu saya mendapat pemberitahuan bahwa saya  keterima Jalur PMDK di Universitas Islam Negeri Jurusan Management. Saya agak ragu mengambilnya atau tidak. Cuma sahabat saya  menyarankan ambil saja untuk pegangan, lagi pula jalur SNMPTN belum dibuka pada waktu itu.

Untuk mempersiapkan diri ikut ujian SNMPTN saya belajar selalu, karena saya sudah punya gambaran harus masuk ke IPB jurusan pertanian yang sesuai dengan kemauan saya.. (keyakinan itu saya dapat saat saya bertukar saran dan masukkan bersama kedua orang tua saya, jurusan apa yang harus saya ambil).  Hasil nilai saya pun tidak stabil kadang naik dan kadang juga turun, saya semakin ragu dengan pilihan saya karena jumlah kuota yg di sediakan oleh pihak IPB tersebut minim hanya 150 kursi untuk semua fakultas. Tapi Guru pembimbing dan kedua orang tua saya selalu memberikan saya semangat.

Singkat cerita Hari ujian SNMPTN datang, pada formulir pendaftaran terdapat dua pilihan universitas dan jurusan apa yang dipilih.. karena adanya kemantapan. Pilihan pertama saya pilih IPB (pertanian ) dan pilihan kedua saya pilih UNPAD (pertanian). Dua hari ujian SNMPTN pun selesai, tinggal tunggu pengumuman dari pihak universitasnya. Pada saat menunggu hasil pengumumannya adalah hal yang paling menegangkan karena, identitas saya masih abu-abu bakal melanjutkan ke PTN mana. Hasilnya pun keluar dan sangat menyedihkan saya tidak diterima dimana pun. Saya putus asa akan melanjutkan kemana..

Karena orang tua saya sedih melihat saya yang kebinggungan mencari universitas, mereka menyarankan saya untuk mencoba Perguruan Tinggi Swasta. Dan akhirnya pun saya mencoba mendaftar di Universitas Gunadarma jurusan Sistem Informasi ( Sejujurnya saya masuk jurusan SI karena orang tua saya, pada saat saya tidak paham tentang jurusan SI tersebut). Saya ikut tes Di Gunadarma dan saya pun keterima.

Ada 2 pegangan universitas yang ingin saya masuki ada Universitas Gunadarma dan UIN. saat itu juga pilihan lumayan berat ingin masuk kemana dari kedua pilihan tersebut. Karena dilihat dari perkembangan zaman yang pesat dan otomatis penggunaan Teknologi yang tinggi saya putuskan saya memilih masuk ke Universitas Gunadarma Jurusan Sistem informasi. Walaupun dulunya kurang yakin, tapi lama kelamaan saya mampu mengikuti pelajarannya 

Jadi dari kisah saya diatas pengambilan keputusan yang paling berat pada saat itu, yaitu saat saya memilih ingin melanjutkan ke Universitas mana dan Jurusan apa ? karena masukkan dari orang-orang terdekat saya yang terlalu banyak sehingga saya terbebankan oleh pengambilan keputusan tersebut. Ini kisah saya J




Tidak ada komentar:

Posting Komentar