Rabu, 19 Maret 2014

TUGAS TOU 2 MINGGU 1

TEAMWORK dan CONTOHNYA 

Assalammualaikum wr. wb.

Haii teman-teman, Apa kabar? Semoga Sehat Selalu yah. Ohiya Baru dapat Tugas lagi nih dari Dosen Mata Kuliah Softskill ( Teori Organisasi Umum 2 ). Pada posting-an kali ini saya akan membahas tentang “ TEAMWORK ”. Tentukan Kalian tau dong apa itu TEAMWORK ? Iya Betul.. secara garis besar dalam Bahasa Indonesia TEAMWORK adalah Kerjasama Kelompok atau Kerjasama Tim, untuk lebih jelasnya silakan liat penjelasannya di bawah.

Teamwork berasal dari bahasa asing yang terdiri dari dua kata Team dan WorkTeam adalah sekumpulan orang yang terdiri atas dua, lima, sepuluh atau lebih dari itu. Sedangkan Work berarti kerja atau kegiatan yang di jalankan setiap individu yang telah terpenuhi syarat kesepahaman di dalam team itu sendiri. Jadi secara garis besar Teamwork adalah suatu bentuk kerjasama dalam beberapa sumber daya manusia berasal dari latar belakang yang berbeda, kedudukannya sama, dan eksis dalam berorganisasi atau perkantoran untuk menjalankan komitmen dan meraih tujuan yang sama.

Adapun Tujuan Teamwork, yaitu : 
1.   Untuk menyelesaikan suatu pekerjaan atau organisasi dengan tepat waktu
2.     Untuk mengatasi hambatan dalam pekerjaan secara bersama-sama
3.     Meringankan suatu pekerjaan tersebut dengan cepat
4.    Untuk mencapai suatu tujuan bersama secara kelompok, bukan secara indvidu
5.   Melatih kesabaran dalam bekerja sama, seperti menahan ke-egoisan, emosi dll
6.   Membangun kepedulian antar kelompok dan saling membantu satu sama lain


Memang dalam dunia pekerjaan atau organisasi Kerjasama Kelompok / Kerjasama Tim memang sangat dibutuhkan agar mencapai suatu tujuan yang diinginkan atau agar planning yang kita buat berhasil atau sukses. Tidak mungkin kan kita bekerja seorang diri tanpa bantuan seseorang  

Disini saya akan mengambil salah satu contoh pekerjaan yang membutuhkan kerjasama Kelompok (Teamwork),  Salah satu contohnya adalah “Tim Pemadam Kebakaran”. Sudah tidak asing lagi bukan, tentu kalian sering mendengar tentang Tim Pemadam Kebakaran atau Branwir? Iyaa..  mereka adalah Sekelompok Tim yang bekerjasama menjadi satu kelompok dengan sebuah visi, misi dan tujuan yang sama yaitu untuk memadamkan si jago merah atau kebakaran. Kata Brainwir (pemadam kebakaran) berasal dari Bahasa belanda yaitu "Brandweer". Petugas Pemadam Kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran, juga dilatih untuk menyelamatkan korban kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, dan lain-lain. 

Tim ini menjadi satu pertahanan, mereka bergotong royong secara bersama- sama, bahkan Sekelompok ini juga mempunyai sebuah Motto yang bertulis “ PANTANG PULANG SEBELUM PADAM “. Selain itu menjadi petugas pemadam kebaran sangatlah berat mereka juga bertaruh dengan nyawa karena prioritas utama mereka menolong orang yang terjebak dalam kebakaran. Pasukkan Pemadam Kebakaran juga memiliki kepangkatan seperti dalam kesatuan Militer.

Jadi Tentu ini merupakan salah satu contoh teamwork, tidak mungkin seorang Petugas Pemadam kebakaran melakukan pekerjaanya secara sendirian, yang ada nanti malah kebakarannya akan bertambah besar dan merembet kerumah yang lain. Pekerjaan Pemadam Kebakaran sangatlah memiliki tanggung jawab yang besar serta juga pemadam kebakaran bertaruh dengan nyawa mereka masing-masing.

Terima Kasih sudah melihat Blog saya J




Sumber :  
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemadam_kebakaran
http://pengertiandarii.blogspot.com/2013/06/pengertian-manajemen-team-workkerjasama.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar