Rabu, 24 April 2013

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN



1. MANUSIA

Manusia itu adalah Golongan mamalia atau makhluk hidup yang mempunyai otak atau akal yang memiliki kemampuan tinggi untuk berfikir atau bisa juga manusia adalah makhluk sosial dan individu. Sedangkan Pengertian Manusia dalam hal kerohanian, mereka dijelaskan menggunakan konsep jiwa yang bervariasi dalam agama, yang berhubungan dengan kekuatan tuhan atau makhluk hidup.
Penggolongan manusia yang itu paling utama berdasarkan jenis kelaminnya, yaitu jenis Laki-laki atau Perempuan tapi bisa juga dibedakan berdasarkan usia, mulai dari janinbayibalitaanak-anakremajaakil balikpemudadewasa, dan (orang) tua.

Hakekat Manusia adalah sebagai berikut:
1.   Manusia adalah Makhluk yang memiliki tenaga untuk bergerak atau beraktivitas contohnya: Bekerja untuk memenuhi kebutuhan
2.    Bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial. Contohnya: bertanggung jawab atas perbuatan yang diperbuat
3.    Manusia adalah makhluk yang mempunyai tujuan atau arah hidup dalam kehidupannya 
4.   Makhluk yang terus berkembang dari fase janinbayibalitaanak-anakremajaakil balikpemudadewasa, dan (orang) tua
5.  Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.  
6.  Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan terutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusiaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.  
7.      Manusia adalah makhluk yang mengengetahui tentang etika, tata karma, kebudayaan, sosial dll 

 Kepribadian Bangsa Timur

Manusia merupakan makhluk sosial karena setiap Manusia selalu membutuhkan manusia lainnya untuk berinteraksi dan bertahan hidup. Hal tersebut benar – benar dianut oleh masyarakat pada bangsa timur terutama Indonesia. Rasa kebersamaan yang kuat bisa dibilang sebagai kepribadian bangsa.
Segala sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat ditentukan oleh adanya kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu. Di Indonesia banyak sekali kebudayaan dan kepribadian yang ada, Indonesia memiliki banyak sekali suku sehingga setiap kebudayaannya pun berbeda- beda.
Pada dasarnya masyarakat daerah timur dengan contoh Indonesia, sangat terbuka dan toleran terhadap bangsa lain, tetapi selama masih sesuai dengan norma, etika serta adat istiadat yang ada di Indonesia.
Selain itu juga sekarang di Indonesia juga sudah masuk kebudayaan asing, yang bersifat positif maupun negatif. Contoh Positif : adanya alat komunikasi seperti Handphone dan computer. Sedangkan contoh Negatif adalah seperti minum-minum alcohol dll.



2. KEBUDAYAAN 

Istilah kebudayaan merupakan terjemahan dari istilah culture dari bahasa Inggris. Kata culture berasa dari bahasa latin colore yang berarti mengolah, mengerjakan, menunjuk pada pengolahan tanah, perawatan dan pengembangan tanaman dan ternak. Upaya untuk mengola dan mengembangkan tanaman dan tanah inilah yang selanjutnya dipahami sebagai culture.

Sementara itu, kata kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta, buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi. Kata buddhi berarti budi dan akal. Kamu besar Bahasa Indonesia mengartikan kebudayaan sebagai hasil kegiatan dan penciptaan batin (akal budaya) manusia seperti kepercayaan, kesenian, dan adat – istiadat.
Unsur-unsur kebudayaan

Menurut Koentjaraningrat (1985) ada tujuh unsur-unsur kebudayaan, yaitu :

1. Sistem Religi

2. Sistem Organisasi Masyarakat

3. Sitem Pengetahuan

4. Sistem Mata Pencaharian Hidup dan Sistem – Sistem Ekonomi

5. Sistem Teknologi dan Peralatan

6. Bahasa

7. Kesenian

Menurut J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.
  • Gagasan (Wujud ideal)
    Wujud ideal kebudayaan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan ide-ide, gagasan, nilai-nilainorma-norma, peraturan, dan sebagainya yang sifatnya abstrak; tidak dapat diraba atau disentuh. Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat.
  • Aktivitas (tindakan)
    Aktivitas adalah wujud kebudayaan sebagai suatu tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat itu. Wujud ini sering pula disebut dengan sistem sosial. Sistem sosial ini terdiri dari aktivitas-aktivitas manusia yang saling berinteraksi, mengadakan kontak, serta bergaul dengan manusia lainnya.
  • Artefak (karya)
    Artefak adalah wujud kebudayaan fisik yang berupa hasil dari aktivitas, perbuatan, dan karya semua manusia dalam masyarakat berupa benda-benda atau hal-hal yang dapat diraba, dilihat, dan didokumentasikan. 
Orientasi Nilai Budaya
Lima Masalah Dasar Dalam Hidup yang Menentukan Orientasi Nilai Budaya Manusia :
·         Hakekat Hidup , Hidup adalah pasrah kepada nasib yang telah ditentukan oleh tuhan
·         Hakekat Karya
·         Persepsi Manusia Tentang Waktu
·         Pandangan Terhadap Alam
·         Hubungan Manusia Dengan Manusia

Perubahan Kebudayaan
Pengertian perubahan kebudayaan adalah suatu keadaan dalam masyarakat yang terjadi karena ketidak sesuaian diantara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan.
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan kebudayaan :
1. Faktor intern seperti Perubahan Demografis , Konflik social ,Bencana alam
2. faktor eksternal seperti, Perdagangan , Penyebaran agama, Peperangan 

Kaitan Manusia dan Kebudayaan
Manusia dalam kehidupan di dunia ini mempunyai peranan yang sangat unik sehingga dapat dipandang dari berbagai segi ilmu pengetahuan. Menurut ilmu eksakta, manusia dipandang sebagai kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk suatu jaringan-jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia ( ilmu kimia ) , dan merupakan kumpulan dari energi ( ilmu fisika ) ,manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia ( biologi ). Masih banyak ilmu lain yang menerangkan bahwa manusia itu mempunyai peran unik di dalam kehidupan.

Sebagai satu kepribadian punya 3 unsur yaitu:
-   Id yaitu struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak Nampak.
- Ego disebut juga sebagai kepribadian “eksklusif” karena peranannya dalam menghubungkan energy Id ke dalam sosial dimengerti oleh orang lain.
-  Super ego merupakan struktur kepribadian paling akhir. Lain dari Id dan Ego yang tumbuh dalam lingkungan internal, super ego lahir dalam lingkungan eksternal .

      Jadi intinya manusia dengan kebudayaan itu adalah hal yang berkaitan satu dengan yang lain. Setiap manusia mempunya pandangan atau pendapat sendiri tentang suatu nilai kebudayaan . Apalagi kebudayaan di Indonesia sangat banyak sehingga warga masyarakat banyak yang masih percaya tentang suatu nilai kebudayaan seperti adat istiadat dari daerah itu, mitos atau yang berbau mistis dan lainnya. Oleh karena itu kebudayaan sangat sulit di pisahkan oleh manusia atau masyarakat.

Sumber :
http://mayangarmyta.wordpress.com/2010/10/31/kepribadian-bangsa-timur/ 
http://adityo93.blogspot.com/2012/06/kaitan-manusia-dan-kebudayaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar